Make Friends Not War

Indonesia itu negara yang unik, merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, terdiri dari pulau yang besar dan kecil dengan total 17.504 pulau. Berbagai suku bangsa mulai dari yg sipit sampai yg belo, dari yg putih sampai yang hitam, dari yg pesek sampai yang mancung, semua ada di Indonesia.ย 

 

Agama di Indonesia juga plural banget, total ada 6 agama yg diakui. Alhamdulillah, semua hidup dengan damai, dari Sabang sampai Merauke

Yang bikin gerah itu kalau udah musim politik begini. Masing2 bela jagoannya dengan bawa2 masalah agama, suku, sampai nasionalisme. Ribut2 ga penting ini banyak banget berseliweran di medsos akhir2 ini.ย 

Herannya mereka2 ini akhirnya jadi berantem antar saudara, musuhan antar teman, sementara calon yg mereka dukung sebenernya akur2 aja ๐Ÿ˜‘ย 

Saya pribadi udah kzl banget sama suhu politik yg menyulut masyarakat jadi ribut sana sini. Apalagi kalo masalah ngejelek2in agama lain, duuuh bikin malu aja deh. Padahal biasanya yg tukang ngejelekin itu yg ibadahnya aja belom bener. Kenapa saya bilang gitu? Karena kalo orang yg beragama dengan benar, ga bakalan ngejelek2in agama lain

Rasulullah SAW udah ngasih contoh, beliau dengan kerendahan hati tetep menyuapi pengemis yahudi buta yg selalu menghinanya. Rasulullah SAW juga berdiri saat iringan jenazah yahudi lewat di depannya. Saat sahabat memberi tahu bahwa itu yahudi, beliau berkata : โ€˜bukankah dia juga manusia?โ€™

Masya Allah, indahnya Islam. Kalau kita yakin Islam adalah agama yang benar -bukan paling benar- ga bakalan kita ikut2an ngejelekin agama lain.ย 

Saya punya banyak teman yang lain agama. Sejak SMA, saya akrab dengan teman yang beragama lain. Walaupun beda, kita tetep berteman dengan asik, ga pernah jelek2in agama masing2. Kalo saya shalat, mereka nungguin di depan mushala sekolah. Kadang saya godain, ga ikut? Kata mereka ; โ€˜lagi haidโ€™ย  ๐Ÿ˜… wkwkwk. Begitu juga kalo salah satu temen saya lagi sembahyang pas saya main ke rumahnya. Yaudah, biasa aja. Dia sembahyang, saya dan satu orang teman lain yg juga beda agama ngobrol2 aja. Sampe sekarang kita masih keep in touch ๐Ÿ’™

Setelah bekerja, saya juga akrab sama temen yang beda agama. Temen deket, temen curhat, temen asik yang udah deket banget. Kita temenan deket bertiga, saya muslim sendiri ๐Ÿ˜Š setelah kepisah kantor, kita masih sering ketemuan sekedar maksibar dan ngobrol2 melepas kangen…ย 

Yang saya rasain, orang yang beragama dan menjalankan ibadah agamanya dengan sungguh2, cenderung ga akan ngejelek2in agama lain. Seperti temen2 saya itu, mereka ga pernah ngejelekin islam, bahkan ikut ngingetin shalat, ga makan di depan saya ketika saya puasa (padahal saya udah bilang gapapa), dan mereka gapernah mempengaruhi ngajak2 saya untuk masuk ke agamanya

Sayapun begitu, buat saya lakum diinukum waliyadiin. Saya ga pernah ngajak2 mereka untuk hijah ke islam, karena saya tau pasti hidayah itu mahal, merupakan hak prerogatif Allah SWT. Ok kita bertemen, tapi urusan beragama dan beribadah ya masing2. Bahkan saya ga pernah ngucapin selamat ketika mereka merayakan hari besar agamanya. Mereka ngerti, ga pernah marah tuh kalo saya cuek aja ga ngasih selamat ๐Ÿ˜Š Alhamdulillah kita tetap berteman dengan baik sampai sekarang

Ah, saya jadi kangen sama mereka. Temen2 saya yg baik2 hatinya, temen yg ga pernah ngejelekin di belakang walaupun berbeda keyakinan, temen yang tulus dalam bersahabat, bukan temen yg nyari aman dan baik cuma pas ada maunya ๐Ÿ˜…ย 

real friendship, not a fake one ๐Ÿ˜‰

  (114)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *