karena dengan halal, kita berbeda :-)

Posted on

sebelumnya saya ga pernah kebayang tentang seremnya makanan di sekitar kita… ini bukan tentang borax, formalin, pewarna textil, dll seperti yg ada di reportase investigasi 😆 tapi ini tentang status kehalalan makanan di sekitar kita.

awalnya nih, saya ga pernah aware, sampai akhirnya penasaran banget dgn kabar burung yg beredar kalau biscuit marie makanan saya dari kecil konon belum halal. ada yg bilang, dalam kandungannya ada unsur yg berasal dr babi! huwaaaaa… jd parno abish.. gimana nggak, biscuit marie itu sekarang dikonsumsi sama anak2 saya dan favorite keluarga buat acara ganjel2an perut di jalan kalo belum ketemu tempat makan.

dan gara2 kabar itu, saya mulai googling2 buat cari tau… sampe akhirnya ketemulah sama milis halal yg pernah ngebahas tentang biscuit marie tsb. saya pun serta merta langsung ikutan join grup milis halal 🙂

dari milis halal itu, saya jadi tau banyak banget tentang bahan2 yg bisa bikin makanan kita jadi ga halal. intinya, haram itu bukan cuma babi! bahkan nasgor, mie tektek pinggir jalanpun bisa jadi ga halal kalo pedagangnya make angciu (sejenis arak cina).

untuk roti2an, kita juga perlu banget waspada. padahal kalo dipikir2, roti doang kok ga halal sih? tapi pernah ga kita pikirin butter yg dipake, kejunya, coklatnya (utk coklat jg bnyk titik kritisnya lho), shortening yang bikin roti/cake jadi lembut, bahkan pengembangnya… jadi, memang harus lbh waspada, dan makan yg pasti2 aja deh. kalo makan di resto, tinggal cari yg udah ada Sertifikasi Halal MUI. kalo makan di girlan, jangan segan2 buat bawel, sekedar untuk nanya2 ayam yg dipakai disembelihnya dgn cara islami ga? masakannya ada yg pake angciu ga?  minyak yang dipake halal ga? emang bakalan ribet banget, apalagi ga semua pedagang suka kalo ditanya2 kayak gini. tapi, better kita yang membentengi diri deh, berhubung negara kita belum bisa melindungi umat muslim dari makanan ga halal… haditsnya jelas lho, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah tumbuh daging dari makanan haram kecuali neraka lebih utama untuknya.” (HR Tirmidzi). dan : “Ketahuilah bahwa suapan haram jika masuk ke dalam perut salah satu di antara kamu, maka amalannya tidak diterima 40 hari.” (HR al-Thabrani).
so it’s better for us to beware..

balik lagi ke biscuit marie yang saya ceritain tadi, Alhamdulillah sekarang udah ber SH MUI

seneng banget deh, 😀 jadi ga perlu ragu lagi kalo mau beli… makasih ya REGAL!

(917)


6 thoughts on “karena dengan halal, kita berbeda :-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *