belitung vs karimun jawa

kalau disuruh bandingin antara belitung vs karimun jawa, dengan mantap saya memilih : belitung !!!

tahun 2010 waktu belitung masih happening banget gara2 laskar pelanginya, saya dan genk cewek di kantor lama jalan2 ke sana… dan waktu thn kemaren temen2 di kantor baru memilih belitung sebagai destinasi vacation, saya tetep ikutan lg ๐Ÿ˜€ sepertinya udah menggambarkan dong ‘cakep’nya belitung sampe saya mau 2x ke sana (dan insya Allah yg ke 3 pengen ngajak anak2) ๐Ÿ˜€

belitung itu tempat wisata yang ga cuma laut aja, wisata daratnya juga jempol ๐Ÿ˜€

biasanya setelah dijemput di bandara, kita langsung menikmati mie khas belitung di pusat kota meteor ini. kita juga bakal diajak flash back ngerasain perjuangan ikal dkk di eks SD Muhammadiyah. trus kita juga jalan2 menikmati kopi khas belitung di kota manggar, kota dgn 1000 warung kopi. ada juga wisata ke kuil dewi kwan iem… dan menurut saya yg paling unik adalah tambang kaolin. air yg keluar dari kerukan tambang itu warnanya bisa beda2, tergantung cahaya matahari, tumbuhan di sekitar, dan kondisi kerukannya

tambang kaolin

kalo lautnya, ga usah ditanya lah ya, juara banget deh… biasanya hari kedua di belitung, jadwalnya adalah keliling pulau ๐Ÿ™‚ berasa jd anak pantai deh. pulau yg ga bakal absen kita datengin adalah pulau lengkuas dan pulau burung. yg lainnya opsional, tergantung kondisi air laut. soalnya bukan sulap bukan sihir, ada lho pulau yg paginya kita datengin, eh sore udah ga ada ๐Ÿ™‚

di pulau lengkuas, wisata yg dijual adalah pantai cantik dgn mercu suarnya. mercu suar ini peninggalan belanda, yg sampai sekarang masih berfungsi. kalo buat para pecinta photography, pengambilan gambar dari atas mercu suar adalah surga ๐Ÿ™‚ tp siap2 gempor pulangnya ya ๐Ÿ˜†
kalo pulau burung, cucok buat berenang renang main2 air. biasanya kalo ga diingetin guidenya, kita bakalan lupa waktu… biasanya juga di sini kita bakal dihidangkan seafood plus gulai ikan napoleon khas bangka belitung yg dimasak pakai nanas… kalo kata pak bondan, maknyus!
poto2 berikut ini bisa bercerita ttg keindahan belitung ๐Ÿ˜€

thn ini, dgn budget tipis dan waktu yg mepet, kita memilih karimun jawa sebagai destinasi… liat poto2nya di internet, kayaknya lucu juga…

menurut saya, di karjaw ini cukuplah 2hari 1malam, soalnya di sana ga ada wisata daratnya.. lautnya pun so so lah ๐Ÿ˜ฎ mgkn karena saya ngebandingin dgn belitung dan laut di kampung saya… tp buat pulau jawa, bolehlah karjaw ini, terumbu karangnya masih keren, dan ikan2 lautnya cantik2. itu yg kemarin agak menghibur saya dan teman2, karena waktu di belitung ga sempet snorkling di tempat yg terumbu dan ikannya cantik2

ada juga penangkaran hiu, kita bs nyemplung bareng hiu2 itu… walaupun hiunya cilik2, tetep aja memacu adrenalin ๐Ÿ˜€

yg bedain juga dgn belitung, di karjaw ada permainan air kayak banana boat dan rolling donut. kalo banana boat sik udah paket, tp yg rolling donut harus bayar lagi..

nah, buat yg lg mikir2 mau pilih belitung atau karjaw, saya sih condong belitung ya, karena pantai2nya yg masih perawan. tp kalo yg mau dua2nya, mending ke karjaw dulu, baru belitung, biar ga jd sombong kayak saya ๐Ÿ˜†

oiya, perjalanan ke karjaw kmrn jg meninggalkan kisah yg ‘ga mau ah ke sana lg’.. gara2nya adalah menuju dan pulang dr karjaw ini kita menempuh 2 jam perjalanan laut dgn kapal penumpang dr jepara. waktu menuju karjaw Alhamdulillah aman, pelabuhan jepara tertib… tapi pulangnya, di pelabuhan karjaw, pihak pelabuhan dodol banget. penumpang2 non seat jg diangkutin sampe overloadย  ๐Ÿ™ย  kapal yg seharusnya jadwalnya jam 2 dr sana, jd molor baru jalan jam stgh 4. itupun tadinya rombongan kami ga mau berangkat krn kondisi kapal yg overload, sampe2 pake acara berantem2 sama pihak syahbandar… eh dasar money oriented (tiket non seat dijual lebih mahal lho), tetep aja kapalnya dapet izin berangkatย  ๐Ÿ™ย  edaaan.. rombongan saya langsung megang life vest satu2… dan bener aja, setengah perjalanan, lagi kapal ngebut2nya tiba2 mesinnya mati dooong :'( hiyaaa, horor… Alhamdulillah, bener2 pertolongan Allah SWT akhirnya dengan ngos2an kapalnya bisa jalan lagi. kita sampe jepara jam setengah 6, dan hampir ketinggalan pesawat di semarang flight jam 8malem :'(

sangking sebelnya, begitu sampai di jakarta lagi, saya langsung kirim e-mail ke KNKT supaya tidak ada korban2 pelabuhan karimun jawa berikutnya…hhhh, bener2 perjalanan yang mendebarkan, dan bener2 save by Allah… Alhamdulillah… (3345)